Inilah 10 Negara dengan Penduduk Kristen Terbanyak di Dunia

Data terbaru dari World Population Review tahun 2023 mengungkapkan bahwa jumlah umat Kristen di seluruh dunia mencapai angka spektakuler sebesar 2,38 miliar orang. Dalam populasi tersebut, denominasi Gereja Katolik menjadi yang terbesar dengan mencatatkan angka sekitar 1,2 miliar umat.

Hal ini mencerminkan signifikansi agama Kristen dalam panorama global, menunjukkan pengaruhnya yang luas dan keberadaannya yang merata di berbagai belahan dunia. Namun, pertanyaan yang muncul kemudian adalah negara mana yang memiliki populasi umat Kristen terbanyak pada tahun 2023?

1. Amerika Serikat

Menilik data tersebut, Amerika Serikat menempati posisi puncak dengan jumlah pemeluk agama Kristen mencapai 230 juta orang. Angka yang cukup mengesankan ini menandakan bahwa sekitar 11% dari total umat Kristen di seluruh dunia berasal dari negara ini.

Bahkan, sekitar 77% dari penduduk Amerika Serikat secara keseluruhan mengidentifikasi diri mereka sebagai Kristen, menegaskan peran penting agama Kristen dalam identitas dan budaya Amerika.

2. Brazil

Di posisi kedua, Brasil menyusul dengan jumlah yang cukup signifikan, yaitu 180,770,000 pemeluk Kristen. Angka ini mencakup sekitar 88,9% dari total populasi Brasil, atau sekitar 8% dari total umat Kristen di seluruh dunia.

Kehadiran Kristen yang kuat di Brasil tidak hanya mencerminkan aspek keagamaan, tetapi juga mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sosial dan politik di negara ini.

3. Meksiko

Sementara itu, Meksiko juga menjadi salah satu negara dengan jumlah umat Kristen yang cukup besar, mencapai angka 107,780,000 jiwa. Meskipun angka ini hanya menyumbang sekitar 5% dari total populasi Kristen di seluruh dunia, namun tetap menjadi kontribusi yang signifikan.

Keberadaan Kristen di Meksiko memiliki sejarah yang kaya dan mencakup berbagai tradisi dan praktik keagamaan yang unik.

4. Nigeria

Nigeria, di sisi lain, menonjol sebagai salah satu negara di Afrika dengan pertumbuhan agama Kristen yang pesat. Dengan jumlah 88,400,000 pemeluk Kristen, Nigeria bahkan menjadi satu-satunya negara di Afrika yang merayakan Hari Santo Patrick.

Pertumbuhan Kristen di Nigeria tidak hanya mencerminkan perubahan demografis, tetapi juga memiliki dampak sosial dan politik yang signifikan di tingkat lokal dan nasional.

5. Filipina

Di Asia Tenggara, Filipina menjadi sorotan dengan jumlah pemeluk Kristen mencapai 86,500,000 orang. Angka ini menjadikan Filipina sebagai negara di kawasan Asia dan ASEAN dengan jumlah umat Kristen terbanyak.

Mereka menyumbang sekitar 4% dari total populasi Kristen di seluruh dunia. Keberadaan Kristen di Filipina tidak hanya tercermin dalam praktik keagamaan, tetapi juga dalam nilai-nilai budaya dan identitas nasional.

6. Rusia

Tidak hanya di Amerika dan Afrika, Eropa juga memiliki kontribusi besar dalam jumlah umat Kristen. Rusia, misalnya, mencatatkan angka sekitar 80,000,000 pemeluk Kristen, mayoritas dari denominasi Kristen Ortodoks.

Meskipun hanya menyumbang sekitar 4,5% dari populasi Kristen dunia, angka ini tetap menjadi yang terbesar di Eropa. Kehadiran Kristen di Rusia tidak hanya mencerminkan warisan sejarah yang kaya, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan dalam bidang budaya dan politik di negara ini.

7. Republik Demokratik Kongo

Republik Demokratik Kongo juga memperlihatkan angka yang signifikan dengan jumlah 63,150,000 umat Kristen, yang menempatkannya sebagai negara dengan proporsi Kristen tertinggi dalam populasi, yakni mencapai 95%.

Keberadaan Kristen di Republik Demokratik Kongo mencerminkan peran penting agama dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, serta kontribusinya dalam mempengaruhi dinamika politik dan sosial di negara ini.

8. Italia

Di Italia, sekitar 53,230,000 penduduknya mengidentifikasi diri sebagai Kristen, dengan mayoritas dari mereka adalah Katolik. Survei Ipsos tahun 2023 menunjukkan bahwa sekitar 61% penduduk Italia adalah Katolik dan 4% Protestan.

Negara ini juga menjadi salah satu dari negara-negara Uni Eropa dengan tingkat kehadiran gereja tertinggi, setelah Polandia dan Irlandia. Keberadaan Kristen di Italia tidak hanya memiliki akar sejarah yang dalam, tetapi juga memainkan peran penting dalam membentuk budaya dan tradisi Italia yang kaya.

9. Ethiophia

Ethiopia, sebuah negara di Afrika Timur, juga memiliki sejarah panjang dalam menganut agama Kristen. Dengan jumlah 52,580,000 pemeluk Kristen, Ethiopia menjadi salah satu negara dengan mayoritas umat Kristen, terutama yang menganut Gereja Ortodoks.

Kehadiran Kristen di Ethiopia tidak hanya mencerminkan aspek keagamaan, tetapi juga memiliki dampak dalam berbagai aspek kehidupan sosial, budaya, dan politik di negara ini.

10. Tiongkok

Meskipun Tiongkok masuk dalam 10 besar dengan jumlah 48,220,000 pemeluk Kristen, namun agama Kristen masih menjadi minoritas di negara ini karena mayoritas penduduknya menganut agama Buddha. Dalam konteks ini, pemeluk Kristen hanya mencakup sekitar 5,1% dari total populasi Tiongkok.

Kehadiran Kristen di Tiongkok mencerminkan dinamika kompleks antara agama-agama yang ada di negara ini, serta tantangan dan peluang yang dihadapi oleh komunitas Kristen dalam menjaga dan mengembangkan iman mereka di tengah masyarakat yang beragam secara agama dan budaya.

Tinggalkan komentar