Ini Rute Gereja Ayam dari Candi Borobudur, Hanya 10 Menit

Bukit Rhema, lokasi di mana Gereja Ayam berdiri megah, kembali menjadi sorotan media sosial setelah dikunjungi oleh artis senior Ira Wibowo.

Dalam unggahannya di Instagram, Ira membagikan momen-momen indah saat berkunjung ke tempat ikonik bagi umat Kristiani ini.

Fenomena ini mengingatkan kita pada popularitas Gereja Ayam yang sempat melonjak saat dijadikan lokasi syuting film “Ada Apa Dengan Cinta 2” pada tahun 2016.

Gereja Ayam bukanlah gereja biasa. Bentuknya yang unik menyerupai burung merpati membuatnya menonjol di antara tempat-tempat wisata lainnya di kawasan Magelang.

Selain itu, panorama indah yang ditawarkan dari puncak gereja ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Salah satu momen terbaik yang bisa dinikmati di sini adalah menyaksikan matahari terbit dengan latar pemandangan yang menakjubkan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Gereja Ayam, perjalanannya ternyata sangat mudah dan cepat. Dari Candi Borobudur, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai tempat ini.

Jaraknya pun hanya sekitar 3,6 kilometer, sehingga bisa ditempuh dengan jalan kaki atau menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil.

Perjalanan dimulai dari Taman Parkir Candi Borobudur. Dari sini, Anda perlu mengikuti jalan utama Borobudur – Salaman ke arah barat.

Setelah menempuh jarak sekitar 2,7 kilometer, Anda akan melihat gapura dengan tulisan “Bukit Rhema” di sebelah kiri jalan.

Baca Juga:  Lucu, Mamah Dedeh Ikut Tanggapi Nonis yang Ikut War Takjil

Beloklah ke kiri di gapura tersebut dan lanjutkan perjalanan mengikuti jalan utama. Setelah berbelok di gapura, Anda akan mendapati beberapa area parkir kendaraan.

Area parkir yang paling dekat dengan tujuan adalah di pertigaan menuju Bukit Rhema. Di sini, Anda bisa memarkirkan kendaraan dengan aman sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak Bukit Rhema.

Perjalanan dari area parkir menuju Bukit Rhema dapat ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri jalan menanjak, jalannya tidak terlalu jauh kok, jadi santai saja.

Bagi wisatawan yang tidak ingin merasa terlalu lelah, tersedia juga jasa shuttle dengan biaya Rp 10.000 untuk sekali jalan dan Rp 15.000 untuk pulang-pergi (parkiran-Bukit Rhema).

Sesampainya di Bukit Rhema, Anda akan disambut dengan pemandangan Gereja Ayam yang ikonik. Gereja ini sebenarnya bukan berbentuk ayam, melainkan lebih menyerupai burung merpati. Namun, karena interpretasi bentuknya yang beragam, masyarakat lebih mengenalnya sebagai Gereja Ayam.

Bangunan gereja ini memiliki lantai-lantai yang dapat dijelajahi oleh pengunjung. Di puncaknya, Anda bisa menikmati pemandangan 360 derajat yang menakjubkan.

Pada pagi hari, pemandangan matahari terbit menjadi salah satu momen yang paling dinantikan oleh para wisatawan. Cakrawala yang berwarna-warni ditambah dengan keindahan alam sekitar membuat pengalaman ini begitu memukau.

Selain keindahan alamnya, Gereja Ayam juga menawarkan nilai sejarah dan budaya. Tempat ini awalnya dibangun oleh Daniel Alamsjah pada tahun 1992 sebagai tempat berdoa lintas agama.

Baca Juga:  Ira Wibowo Liburan ke Magelang Sembari Kunjungi Gereja Ayam

Ide awalnya adalah untuk menciptakan tempat yang dapat digunakan oleh siapa saja dari berbagai latar belakang agama untuk berdoa dan bermeditasi.

Seiring berjalannya waktu, tempat ini berkembang menjadi destinasi wisata yang populer, terutama setelah film “Ada Apa Dengan Cinta 2” memperkenalkannya ke khalayak yang lebih luas.

Selain menikmati keindahan Gereja Ayam, wisatawan juga bisa menikmati berbagai fasilitas dan aktivitas yang tersedia di sekitar Bukit Rhema.

Terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan untuk melepas dahaga setelah mendaki bukit.

Ada juga spot-spot foto yang instagramable, memungkinkan pengunjung untuk mengabadikan momen dengan latar belakang pemandangan yang menakjubkan.

Bagi mereka yang suka petualangan, area sekitar Bukit Rhema juga menawarkan jalur trekking yang menantang. Jalur-jalur ini membawa pengunjung melalui hutan-hutan kecil dan area perbukitan dengan pemandangan alam yang asri.

Gereja Ayam di Bukit Rhema merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi mereka yang berada di kawasan Candi Borobudur.

Dengan jarak tempuh yang singkat dan akses yang mudah, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk menambah pengalaman berwisata Anda.

Keunikan bangunannya, pemandangan yang indah, serta nilai sejarah dan budayanya menjadikan Gereja Ayam sebagai salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Magelang.

Jadi, siapkan kamera Anda dan nikmati perjalanan singkat namun penuh kesan ini dari Candi Borobudur ke Gereja Ayam.

Baca Juga:  GKII Mandiri Jaya Gelar Ibadah Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja

Tinggalkan komentar