Dubes Vatikan Kunjungi Kupang Jelang Pentahbisan Uskup Agung

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Monsinyur Oiero Pioppo, telah tiba di Kupang pada pukul 06.10 WITA untuk menghadiri acara pentahbisan Uskup Agung Kupang, Mgr Hironimus Pakaenoni.

Kedatangan Monsinyur Pioppo disambut dengan antusias oleh sejumlah pihak penting, termasuk perwakilan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), kepolisian, dan TNI.

Pada saat tiba di Bandara El Tari Kupang, Monsinyur Pioppo disambut dengan penghormatan khusus, yaitu dikalungkan selendang adat Nusa Tenggara Timur.

Setelah itu, ia langsung melanjutkan perjalanan ke tempat penginapan untuk bersiap-siap menghadiri acara pentahbisan yang akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.

Selain Monsinyur Pioppo, acara pentahbisan ini juga dihadiri oleh sejumlah uskup dan perwakilan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Menurut Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemerintah Provinsi NTT, Prisilia Pareisa, jumlah uskup yang hadir mencapai puluhan orang, namun kedatangan mereka tidak bersamaan karena disesuaikan dengan jadwal masing-masing uskup.

Prisilia menjelaskan bahwa para uskup yang sudah tiba di Kupang berjumlah puluhan orang. Tetapi kedatangan mereka tidak bersamaan karena menyesuaikan dengan jadwal uskup masing-masing.

Total, akan ada 38 orang uskup dan satu Vikjen yang hadir dalam acara pentahbisan ini. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya acara ini bagi gereja Katolik di Indonesia, khususnya bagi wilayah Kupang dan sekitarnya.

Namun, persiapan untuk acara pentahbisan ini tidak hanya berkutat pada aspek keagamaan semata. Pengamanan menjadi salah satu fokus utama dalam rangka menjaga kelancaran dan keamanan acara tersebut.

Baca Juga:  Polres Kolaka Amankan Ibadah Kenaikan Yesus Kristus

Koordinator Pengamanan Penahbisan Uskup Agug Kupang, AKBP FX Irwan Arianto, menjelaskan bahwa Polda NTT telah menugaskan total 550 personel polisi untuk menjaga keamanan acara tersebut.

Mereka akan dibantu oleh Korem 161 Wira Sakti Kupang dengan jumlah personel sebanyak 70 orang dan POM TNI AD sebanyak 15 orang.

Irwan mengatakan semuanya memiliki tugas masing-masing, mereka disebar di seluruh penjuru Kota Kupang termasuk bandara, Gereja Santo Yosep Kupang, hotel, penginapan, dan masih banyak lagi.

Dengan persiapan matang yang dilakukan oleh pihak keamanan, diharapkan acara pentahbisan Uskup Agung Kupang dapat berlangsung dengan lancar dan aman.

Kehadiran Monsinyur Pioppo sebagai perwakilan dari Vatikan juga menjadi suatu kehormatan tersendiri bagi gereja Katolik di Indonesia, yang menandakan dukungan dan perhatian yang besar dari Vatikan terhadap perkembangan gereja Katolik di Tanah Air.

Acara pentahbisan ini juga menjadi momen penting bagi umat Katolik di Kupang dan sekitarnya untuk merayakan dan memperkuat iman mereka.

Diharapkan, dengan adanya acara ini, umat Katolik di wilayah tersebut dapat semakin termotivasi untuk menghidupkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari dan turut serta dalam pembangunan masyarakat yang lebih baik.

Selain itu, acara pentahbisan ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan antara umat Katolik dari berbagai daerah di Indonesia, yang berkumpul untuk merayakan kebersamaan dan menguatkan solidaritas dalam iman.

Baca Juga:  Bupati Gunung Mas Bantu Perbaikan Gereja Imanuel

Dalam beberapa hari ke depan, Kupang akan menjadi pusat perhatian bagi umat Katolik di Indonesia, terutama dengan adanya acara pentahbisan Uskup Agung yang dihadiri oleh sejumlah tokoh gereja dan pejabat penting.

Semua persiapan telah dilakukan dengan matang, baik dari segi keamanan maupun pelaksanaan acara itu sendiri, sehingga diharapkan acara ini dapat berjalan lancar dan sukses.

Tinggalkan komentar