4 Contoh Doa Penutup Ibadah Kristen yang Baik

Setiap selesai melaksanakan ibadah di gereja, jemaat biasanya akan membaca sebuah doa akhir yang biasa disebut dengan doa penutup ibadah Kristen.

Doa ini biasa dibacakan pada setiap penutupan kegiatan ibadah apapun. Mulai dari ibadah di gereja, ibadah rumah tangga, ibadah remaja, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu saja Anda bisa membaca doa seperti apapun namun dengan syarat harus diucapkan dengan kata-kata yang baik dan penuh makna. Seperti yang akan kami contohkan di bawah ini

Contoh Doa Penutup Ibadah Agama Kristen

Berikut akan kami berikan beberapa contoh doa penutup ibadah dalam agama Kristen yang singkat, lengkap, penuh makna, dan sebagainya. Anda bisa mencontohnya sebagai referensi.

1. Doa Penutup Ibadah Kristen Singkat

Ya Bapa Surgawi,

Terima kasih atas kehadiran-Mu yang setia dalam ibadah kita hari ini. Kami bersyukur atas kasih dan anugerah-Mu yang tak berkesudahan. Kiranya setiap langkah kami di dalam-Mu menjadi berkat bagi sesama dan membawa kemuliaan bagi nama-Mu.

Bapa, kami berseru kepada-Mu untuk memberkati setiap langkah kami yang akan diambil setelah meninggalkan tempat ibadah ini. Bimbinglah kami dengan Roh-Mu yang kudus, agar kami senantiasa berjalan dalam kebenaran dan kasih-Mu.

Terima kasih atas firman-Mu yang telah menyentuh hati dan pikiran kami. Kiranya firman-Mu tetap hidup di dalam diri kami dan mewarnai setiap tindakan dan perkataan kami.

Baca Juga:  5 Contoh Doa Pembukaan Ibadah Kristen di Gereja

Kami menyerahkan hidup kami di bawah perlindungan-Mu, dan berharap agar kehadiran-Mu senantiasa menyertai kami di sepanjang perjalanan hidup ini. Berkatilah keluarga-keluarga kami, gereja ini, dan negara ini.

Dengan penuh rasa syukur, kami menutup ibadah ini dalam nama Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kami. Amin.

2. Doa Penutup Ibadah Kristen di Gereja

Ya Bapa Surgawi yang penuh kasih,

Kami bersyukur atas kehadiran-Mu di tengah-tengah kami hari ini. Terima kasih atas anugerah-Mu yang melimpah, yang selalu menyertai setiap langkah hidup kami.

Hari ini, kami menutup ibadah ini dengan hati yang penuh sukacita. Terima kasih atas Firman-Mu yang memberikan petunjuk dan cahaya bagi hidup kami. Semoga setiap kata yang telah kami dengar menjadi benih yang tumbuh dan menghasilkan buah kebenaran dalam hidup kami.

Bapa, kami berdoa agar Roh Kudus-Mu senantiasa membimbing langkah-langkah kami setelah meninggalkan tempat ibadah ini. Berikan kami kekuatan untuk tetap setia pada-Mu dalam setiap keadaan. Jadikan kami saksi hidup akan kasih-Mu di dunia ini.

Kami juga memohon perlindungan-Mu bagi setiap anggota jemaat ini. Lindungi mereka dalam perjalanan pulang, dan semoga damai-Mu senantiasa menyertai mereka di setiap aspek kehidupan.

Terima kasih, Bapa, karena kami tahu bahwa doa-doakami didengar di hadapan-Mu. Kami menutup ibadah ini dengan penuh harapan dan rasa syukur. Amin.

Baca Juga:  3 Contoh Doa Syafaat Kristen untuk Bangsa dan Negara

3. Doa Penutup Ibadah Kristen di Sekolah

Tuhan yang Mahakuasa,

Terima kasih atas kehadiran-Mu di tengah-tengah kami saat ini. Kami bersyukur dapat berkumpul di sekolah ini dalam suasana damai dan penuh kasih-Mu.

Bimbinglah kami, Tuhan, dalam setiap langkah kami di dunia pendidikan. Jadikanlah setiap pelajaran sebagai bekal untuk memahami lebih banyak tentang ciptaan-Mu. Bantu kami untuk menjadi murid yang tekun, penuh semangat, dan selalu siap belajar.

Kami mohon agar setiap hubungan di antara kami di sekolah ini dipenuhi dengan saling pengertian, kerjasama, dan kasih sayang. Jadikanlah sekolah ini tempat yang aman, di mana setiap siswa dan guru merasa dihargai dan diterima.

Terima kasih, Tuhan, atas berkat-Mu yang tak terhingga. Kami berserah sepenuhnya pada-Mu dan berdoa agar setiap kegiatan di sekolah ini menjadi wadah untuk memuliakan-Mu.

Dalam nama Yesus Kristus, kami mengakhiri doa ini. Amin.

4. Doa Berkat Penutup Ibadah Kristen Protestan

Ya Bapa Surgawi,

Terima kasih atas hadirat-Mu yang sempurna di tengah-tengah kami saat ini. Kami bersyukur karena Engkau adalah Allah yang penuh kasih dan anugerah. Hari ini, setelah kami mengalami waktu ibadah yang berharga bersama-Mu, kami berdoa agar berkat-Mu senantiasa menyertai langkah-langkah kami.

Berkati, ya Tuhan, setiap langkah yang kami ambil untuk memuliakan-Mu dalam segala aspek kehidupan kami. Jadikanlah hidup kami sebagai terang dan garam di dunia ini, sehingga melalui kesaksian kami, orang-orang dapat melihat kasih dan kebaikan-Mu.

Baca Juga:  3 Contoh Doa Sebelum Belajar Kristen

Kami bersyukur atas firman-Mu yang telah kami dengar hari ini. Semoga firman-Mu menjadi sumber kekuatan dan petunjuk bagi setiap langkah kami. Bimbinglah kami dalam kebenaran-Mu dan izinkan Roh-Mu untuk senantiasa menuntun hati dan pikiran kami.

Kami juga berdoa untuk sesama saudara dan saudari kami di seluruh dunia. Berikanlah kekuatan bagi mereka yang sedang mengalami penderitaan dan kesulitan. Semoga cinta dan perdamaian-Mu meluas di seluruh dunia ini.

Sebelum kami mengakhiri waktu ibadah ini, izinkanlah kami mengangkat nama-Mu yang kudus dan memberikan kemuliaan hanya bagi-Mu. Kami berseru, “Terpujilah nama-Mu, ya Allah!” Semua yang kami lakukan, semuanya adalah untuk kemuliaan-Mu.

Kami menyerahkan hidup kami sepenuhnya dalam tangan-Mu. Amin.

Kesimpulan

Sekian pembahasan dari kami tentang beberapa contoh doa penutup ibadah dalam agama Kristen. Anda bisa menggunakan doa di atas sebagai referensi atau mengambilnya langsung dan dibacakan dalam kegiatan di gereja.

Tinggalkan komentar