6 Contoh Doa Berkat Kristen Sebagai Penutup Ibadah

Ibadah merupakan rangkaian dari doa-doa yang dipanjatkan kepada Tuhan Yesus. Termasuk saat ibadah di gereja sudah selesai, kita dianjutkan untuk membaca doa berkat dalam agama Kristen.

Doa berkat ini juga bisa dikatakan sebagai doa penutup ibadah karena bacaannya dilaksanakan pada sesi akhir ibadah di gereja. Tentu saja doa ini merupakan sesuatu yang tidak boleh dilewatkan.

Bagi Anda yang bertugas membuat kata-kata doa, namun bingung harus menulis apa, jangan khawatir. Sebab di sini kami akan memberikan beberapa contoh doa berkat sebagai penutup ibadah agama Kristen.

Contoh Doa Berkat Sebagai Penutup Ibadah Kristen

Nah langsung saja tanpa banyak basa-basi lagi, JuruKristen menuliskan contoh doa berkat sebagai penutup ibadah di bawah ini. Anda bisa membaca dan menjadikannya referensi.

1. Doa Berkat Pentup Ibadah Kristen

Ya Tuhan yang Maha Kudus, Roh Kudus yang mengisi seluruh jagad ini dengan kasih dan kehadiran-Mu yang sempurna, kami bersyukur atas setiap tetesan berkat yang telah Engkau limpahkan kepada kami melalui peribadahan ini. Dalam keheningan hati dan sukacita yang tak terkira, kami berseru kepada-Mu, wahai Sang Pemimpin Hati, untuk terus memimpin dan membimbing kami dalam setiap langkah hidup ini. Kiranya setiap pujian dan penyembahan yang kami haturkan menjadi wangi yang menyenangkan di hadapan-Mu, sebagaimana Engkau meneteskan berkat-Mu di antara jemaat yang setia.

Roh Kudus yang menyala-nyala, kami merindukan kehadiran-Mu yang memenuhi ruang ibadah ini. Engkau yang menghibur, kuatkanlah hati dan roh kami agar senantiasa setia dan teguh dalam iman. Kami bersyukur atas pengampunan dan kasih karunia-Mu yang tiada henti, dan kami merindukan kehadiran-Mu yang memberkati dalam setiap momen penyembahan ini. Jadikanlah hidup kami sebagai nyanyian syukur yang tak berkesudahan, yang terus memuliakan-Mu dan menyinari dunia dengan cahaya-Mu.

Oh Roh Kudus, yang memberikan karunia dan kebijaksanaan kepada setiap anak-anak-Mu, terimalah persembahan penyembahan kami sebagai ungkapan rasa syukur yang tulus. Biarkan setiap kata yang terucap dari bibir kami menjadi doa yang mengalir seperti sungai kasih-Mu yang melimpah. Kami percaya bahwa Engkau senantiasa berada di tengah-tengah kami, membimbing kami dalam kebenaran dan membawa kami lebih dekat kepada-Mu. Dalam nama Kristus, kami berseru, amin.

2. Doa Berkat Penutup Ibadah Katolik

Ya Bapa yang Agung, dengan tulus hati kami mengangkat syukur dan berkat kepada-Mu atas kehadiran-Mu yang mengiringi kami dalam ibadah ini. Kini, saat kami akan mengakhiri pertemuan ini, terimalah doa penutup ini sebagai ungkapan terima kasih dan kerinduan kami pada-Mu. Engkau, sang Pencipta segala yang ada, telah menghadirkan kedamaian dan keberkahan dalam setiap kata, nyanyian, dan doa yang telah kami curahkan di hadapan-Mu.

Ya Tuhan, berilah kami kekuatan dan petunjuk untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Semoga cahaya kebijaksanaan-Mu senantiasa membimbing langkah-langkah kami, dan kasih-Mu memenuhi hati kami dengan kepedulian kepada sesama. Di dalam doa penutup ini, kami juga memohon agar berkat-Mu tetap menyertai seluruh umat-Mu di berbagai penjuru dunia. Kiranya persatuan, cinta, dan damai sejahtera selalu mengukir jejak langkah kami sepanjang perjalanan hidup ini.

Terimalah doa penutup kami ini, ya Bapa yang Maha Agung. Semoga rahmat dan kasih-Mu memberikan perlindungan bagi setiap jiwa yang hadir dalam ibadah ini. Di dalam nama-Mu yang kudus, kami menyerahkan segala pujian, hormat, dan syukur. Amin.

3. Contoh Doa Berkat Natal

Ya Bapa yang Mahakudus di surga, pada Natal ini kami bersyukur atas anugerah-Mu yang tiada henti. Kami bersatu dalam cinta dan damai yang Engkau curahkan kepada kami melalui kelahiran Putra-Mu, Yesus Kristus. Terimalah ucapan syukur dan pujian kami, ya Bapa, karena Engkau telah menyinari dunia dengan cahaya kasih-Mu. Di tengah kehangatan keluarga dan kebersamaan, kami merayakan hadirat-Mu yang selalu mendampingi langkah-langkah kami.

Kami berdoa agar kasih dan damai Natal terus mengalir di hati setiap orang, agar dunia ini dipenuhi oleh kebaikan dan kepedulian. Bapa yang penyayang, berkatilah setiap keluarga yang merayakan Natal, agar kebahagiaan mereka terus bertambah. Dan bagi mereka yang merasa sendiri atau kehilangan, berilah kekuatan dan penghiburan-Mu. Engkau adalah Bapa yang penuh kasih, dan kami bersyukur karena dapat merasakan kasih-Mu dalam setiap detik kehidupan kami.

Di malam Natal ini, kami mengangkat syukur dan permohonan kepada-Mu, Bapa yang penuh kemurahan. Kiranya Natal ini menjadi titik awal bagi kehidupan yang lebih baik, penuh dengan kasih, perdamaian, dan keberkahan-Mu. Terima kasih, ya Bapa, karena Engkau selalu setia menyertai kami dalam perjalanan hidup ini. Semua ini kami sampaikan dengan rasa syukur dan keyakinan dalam nama Yesus Kristus, Amin.

4. Contoh Doa Berkat Ibadah Kristen

Ya Tuhan yang Mahakuasa, kami bersyukur atas kehadiran-Mu yang senantiasa menyertai kami dalam setiap langkah hidup ini. Terima kasih, Yesus, sang Juruselamat, yang dengan kasih-Mu yang tak terhingga, telah memberikan berkat kepada kami melalui perjalanan ibadah kami. Saat kami berdendang dalam pujian dan penyembahan, kiranya Engkau terus melimpahkan kasih dan kebijaksanaan-Mu kepada jemaat ini.

Kami merasa diberkati oleh kehadiran-Mu dalam ibadah ini, Yesus. Semoga setiap kata yang kami lafalkan, setiap nyanyian yang kami nyanyikan, dan setiap doa yang kami panjatkan menjadi keharuman di hadapan-Mu yang bersemayam di surga. Kiranya, Tuhan, Engkau membimbing kami melalui setiap tahap hidup dengan hikmat-Mu, sehingga kami dapat menjadi saksi-saksi cinta dan damai-Mu di tengah dunia yang penuh dengan tantangan.

Dalam rasa syukur dan penuh hormat, kami menyerahkan hidup kami kepada-Mu, Yesus. Jadikanlah ibadah ini sebagai wujud penghormatan kami kepada Engkau, dan semoga setiap tindakan dan kata-kata kami mencerminkan kasih dan kebijaksanaan-Mu. Amin.

5. Doa Berkat Kristen Singkat

Tuhan yang Mahakasih, terima kasih atas segala berkat-Mu yang melimpah di dalam hidup kami. Kami bersyukur kepada-Mu, Yesus, yang dengan kasih-Mu yang tak terhingga, memberikan keberlimpahan dan kebijaksanaan kepada kami setiap hari. Di dalam kehidupan kami yang penuh dengan tantangan, kami berdoa agar Engkau terus memberikan kekuatan dan bimbingan-Mu kepada kami, sehingga kami dapat terus berjalan dalam jalan-Mu dengan iman dan keyakinan.

Kiranya hidup kami menjadi saksi atas kasih-Mu yang besar, dan Engkau, Tuhan, tetap menjadi pusat dalam setiap langkah kami. Amin.

6. Doa Berkat Ibadah Rumah Tangga

Ya Tuhan yang Maha Agung, Roh Kudus yang menyinari seluruh alam semesta, pada saat ini kami bersujud di hadapan-Mu untuk mengucapkan syukur dan memohon berkat atas hidup rumah tangga kami. Dalam setiap langkah dan keputusan, kami mengundang Engkau, Roh Kudus, untuk mengisi rumah kami dengan cahaya-Mu yang memancar kasih dan kedamaian. Engkau yang Maha Mengetahui, bimbinglah setiap kata dan tindakan kami sehingga kami dapat menjadi cermin kasih-Mu di dalam rumah ini.

Roh Kudus yang suci, curahkanlah anugerah-Mu atas hubungan ini, sehingga cinta yang tumbuh di antara kami menjadi semakin kokoh seperti pohon yang berakar dalam kebaikan-Mu. Berilah kami kebijaksanaan dan pengertian untuk saling mendukung dan menguatkan dalam setiap liku kehidupan. Jadikanlah rumah tangga ini sebagai tempat di mana damai-Mu senantiasa bersemayam, dan dari situlah dapat mengalir ke berbagai lapisan masyarakat.

Kami tunduk di hadapan-Mu, Roh Kudus, memohon agar Engkau memberkati setiap anggota keluarga ini dengan kesehatan, kebahagiaan, dan ketabahan. Semoga Engkau melimpahkan karunia-Mu yang tak terhingga, sehingga rumah tangga ini menjadi saksi kasih-Mu di tengah dunia yang sering kali penuh dengan cobaan. Terima kasih, ya Roh Kudus, karena Engkau senantiasa bersama kami, membimbing, menguatkan, dan mengilhami setiap langkah hidup kami. Amin.

Kesimpulan

Silahkan gunakan beberapa contoh doa berkat sebagai penutup ibadah Kristen di atas sebaik-baiknya. Anda pun bisa menjadikannya referensi agar bisa membuat kata-kata doa berkat sendiri sesuai keperluan.

Tinggalkan komentar