Contoh Doa Pemberian Sakramen Ekaristi dalam Agama Kristen

Dalam kegiatan perayaan sakramen ekaristi, tentu akan ada banyak doa-doa yang dipanjatkan kepada-Nya. Seperti doa pada saat pemberisan sakramen ekaristi.

Sakramen ekaristi sendiri merupakan kegiatan perayaan dalam agama Kristen dalam bentuk perjamuan sebagai ungkapan rasa syukur atas kebaikan Allah yang menyelamatkan manusia.

Untuk doa pemberian sakramen ekaristi, tentu saja harus diucapkan dengan tata bahasa yang baik, sopan, dan bagus karena doa ini ditujukan kepada Bapa di Sorga.

Contoh Doa Kristen untuk Pemberian Sakramen Ekaristi

Langsung saja, ayo bersama-sama kita melihat beberapa contoh doa Kristen untuk pemberian sakramen ekaristi di bawah ini. Kita bisa melihat bersama-sama contoh doanya di bawah ini.

1. Doa Pembacaan Sakramen Ekaristi Singkat

Ya Bapa di Sorga yang Maha Pengasih, hari ini kami bersujud di hadapan-Mu dengan hati yang penuh syukur karena Engkau telah memperkenankan kami untuk berkumpul dalam persekutuan yang kudus ini.

Di dalam kehadiran-Mu yang agung, kami merasakan kehadiran-Mu yang mengalirkan berkat dan cinta kasih yang tak terhingga. Kami bersyukur atas anugerah-Mu yang besar, karena hari ini Engkau telah memberikan kami kesempatan untuk mengalami Sakramen Ekaristi.

Di mana kami dapat menyambut Tubuh dan Darah Putra-Mu, Yesus Kristus, sebagai makanan dan minuman rohani kami. Kami memohon agar Engkau membuka mata hati kami untuk menerima dengan penuh kekudusan dan pengabdian.

Baca Juga:  Contoh Doa Syafaat Kristen untuk Ujian Praktek

Semoga perjamuan ini tidak hanya menguatkan iman kami, tetapi juga mempersatukan kami sebagai satu tubuh dalam Kristus, si Empunya hidup dan kebangkitan. Terimalah pujian dan syukur kami, ya Bapa yang penuh kasih, dalam nama Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

2. Doa Pembacaan Sakramen Ekaristi Lengkap

Ya Bapa yang penuh kasih dan penyayang, pada saat yang kudus ini, kami bersyukur kepada-Mu atas hadirat-Mu yang agung dalam sakramen Ekaristi.

Di hadapan meja-Mu yang suci, kami merenungkan betapa besar kasih-Mu yang tak terhingga, yang telah Engkau tunjukkan kepada kami melalui anugerah tubuh dan darah Putra-Mu yang terkasih, Yesus Kristus.

Engkau telah mengundang kami untuk bersatu dalam persekutuan dengan-Mu dan dengan sesama umat-Mu melalui perjamuan ini, dan kami bersyukur atas karunia ini.

Bapa yang Maha Agung, lihatlah hati kami yang hina ini saat kami menghadapi misteri kehadiran-Mu dalam roti dan anggur ini.

Berilah kami hati yang rendah hati dan penuh rasa syukur, agar kami dapat menerima sakramen ini dengan iman yang teguh dan hati yang bersih.

Bimbinglah kami dalam kebenaran-Mu, agar kami dapat hidup sesuai dengan kehendak-Mu dan menjadi saksi kasih-Mu di dunia ini.

Ya Bapa yang penuh kasih, dalam saat ini kami mempersembahkan diri kami kepada-Mu sebagai persembahan yang hidup dan yang kudus.

Baca Juga:  4 Contoh Doa Kristen untuk Perpuluhan Singkat

Terimalah kami, ya Bapa, dalam kasih-Mu yang tak terbatas, dan kuduskanlah kami dengan kehadiran-Mu yang suci.

Biarlah sakramen ini menjadi sumber kekuatan bagi kami dalam menghadapi tantangan hidup, dan jadikanlah kami sebagai instrumen kasih dan damai di tengah-tengah dunia yang penuh dengan kegelapan.

Kami mengucap syukur atas karunia penyertaan ini, ya Bapa di Sorga, dan kami mohon agar Engkau senantiasa membimbing dan melindungi kami dalam perjalanan iman kami.

Semoga kami dapat hidup sebagai anak-anak-Mu yang setia, mengikuti teladan Putra-Mu, Yesus Kristus, dan dalam persekutuan dengan Roh-Mu yang kudus. Amin.

Kesimpulan

Mungkin itu saja penjelasan tentang contoh doa untuk pemberian sakramen ekaristi yang bisa kami tuliskan. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi semua umat Kristiani.

Tinggalkan komentar